contoh RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN                    : MATEMATIKA
KELAS/SEMESTER                     : VII/I
MATERI POKOK                        : 1. BILANGAN
WAKTU                                         : 2 X 40 MENIT

Imtaq
Dan dialah tuhan yang membentangkan bumi dan menjadikan gunung-gunung dan sungai-sungai padanya. Dan menjadikan padanya semua buah-buahan baepasang pasangan (765), Allah menutup malam kepada siang. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.
(765) yang dimaksud berpasang pasangan, ialah jantan dan betina, pahit dan manis, putih dan hitam,besar keci, dan sebagainya.

Standar Kompetensi
  1. memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar
  • Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan

Indikator
  • Memberikan contoh bilangan
  • Menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan

A.     Tujuan Pembelajaan
    • siswa dapat memberikan contoh bilangan bulat
    • siswa dapat membandingkan bilangan bulat
  1. Materi Ajar
    • bilangan bulat positif dan bilangan bulat negatif
    • membandingkan dan mengurutkan bilangan bulat
  2. Strategi Pembelajaran
    • modul pembelajaran : langsung dan kooperatif
    • metode : cerita, pemberian tugas, tanya jawab
  3. Langkah-Langkah
  1. pendahuluan
    • guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di capai
    • guru menyampaikan manfaat bilangan bulat dalam kehidupan sehari-hari
  2. kegiatan inti
  1. pengembangan
    • guru menjelaskan tentang cara-cara menuliskan suku di atas atau di bawah nol.
    • Guru menjelaskan prosedur menggambarkan bilangan bulat pada garis bilangan.
    • Garu menjelaskan himpunan bilangan bulat dan lambangnya.
  2. penerapan
    • secara berpasangan siswa di minta untuk mengerjakan latihan
  1. Penutup
·        siswa diarahkan untuk merangkum pembelajaran
·        siswa diberi PR

  1. Alat Dan Sumber Belajar
·        buku paket matematika VII
  1. Penilaian
·        teknik : tes tertulis
·        bentuk instrumen : uraian

contoh instrumen
  1. tuliskan 5 buah bilangan bulat
  2. gambarkan pada garis bilangan letak a=3 dan d=-4

kunci jawaban
1.semua bilangan bulat
2.
-4    -3   -2   -1   0    1    2    3




Mengetahui                                                                         Palembang,         april 2011
Kepala sekolah                                                                               Guru Matapelajaran



_____________                                                                                        Baidilah
Nip

                                                                             

Komentar

Postingan populer dari blog ini

APA YANG DIMAKSUD DENGAN MEDIA PENDIDIKAN?

STANDAR ISI DAN STANDAR KOMPETENSI LULUSAN